Laman

Minggu, 15 November 2015



PARAGRAF


Makalah



Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Dosen pengampu: Dra. Endang Sriwidayati, M.Pd.
Kelas B

Disusun oleh :
          Femiana Afkarina                           150210205078
          Istiqomah Zahrah                            150210205121
          Ghea Annisa Antariksa                   150210205127
          Tuhfatul Muawwina                        150210205132
      
PROGRAM STUDI PG-PAUD
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2015


KATA PENGANTAR


Puji syukur ke Hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah Bahasa Indonesia yang berjudul ”Paragraf” dengan se-maksimal mungkin.
Ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia, yang telah membimbing penulis dalam penyelesaian makalah ini. Untuk teman-teman sekalian yang secara langsung maupun tidak langsung telah terlibat untuk membantu penulis menyelesaikan makalah ini.
Makalah Bahasa Indonesia yang berjudulParagraf”disusun dalam upaya untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia khususnya dan untuk menunjang serta meningkatkan proses belajar mengajar, sehingga diharapkan mencapai hasil yang maksimal pada umumnya.
Demikian makalah Bahasa Indonesia yang berjudulParagraf” penulis susun dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam upaya meningkatkan mutu makalah ini selanjutnya.

Jember , 15 Oktober 2015


BAB I

PEMBAHASAN

       1.1       Latar Belakang

Pada umumnya kesulitan pertama dalam pembuatan karya tulis ilmiah adalah mengungkapakan pikiran menjadi kalimat dalam bahasa ilmiah. Sering dilupakan perbedaan antara paragraf dan kalimat. Suatu kalimat dalam tulisan tidak berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dalam kalimat lain yang membentuk paragraf. Paragraf merupakan satuan kecil dalam sebuah karangan yang membangun suatu pikiran sebagai pesan yang disampaikan oleh penulis dalam karangan.
Paragraf atau alinea adalah suatu bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Dalam upaya menghimpun beberapa kalimat menjadi paragraf, yang perlu diperhatikan adalah kesatuan dan kepaduan. Kesatuan berarti seluruh kalimat dalam paragraf membicarakan satu gagasan. Kepaduan berarti seluruh kalimat kompak, saling berkaitan mendukung gagasan tunggal paragraf.
Kenyataannya, banyak sekali ditemukan paragraf yang penulisannya tidak sesuai dengan syarat utama paragraf hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman penulis terhadap paragraf yang menyebabkan pembaca sulit untuk menangkap maksud penulis. Oleh sebab itu, makalah ini membahas hal yang berkaitan dengan paragraf yaitu pengertian paragraf, ciri-ciri paragraf, fungsi paragraf, pikiran utama dan kalimat topik termasuk syarat utama paragraf yang baik serta pembahasan tentang pargraf lainnya yang dapat digunakan sebagai acuan atau referensi untuk membuat paragraf dalam karya tulis ilmiah agar karya tulis tersebut dapat diterima dan menimbulkan respon yang baik dari pembaca.




       1.2       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalahnya adalah:
a.       Apa yang dimaksud paragraf?
b.      Apa ciri-ciri dan fungsi paragraf?
c.       Apa saja syarat utama dalam membuat paragraf?
d.      Apa saja jenis-jenis paragraf?
e.       Bagaimana hubungan antarparagraf?
f.       Bagaimana pengembangan paragraf?

       1.3       Tujuan

Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:
a.       Dapat memahami pengertian, ciri-ciri dan fungsi paragraf.
b.      Dalam pembuatan karya tulis ilmiah atau sejenisnya bisa menerapakan syarat utama paragraf.
c.       Dapat membedakan jenis paragraf.
d.      Dapat mengetahui hubungan antarparagraf.
e.       Dapat mengembangkan paragraf.


BAB III

PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan pikiran utama sebagai pengendalinya dan pikiran penjelas sebagai pendukungnya dan tersusun secara runtun, logis, dalam kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh, dan padu. Paragraf memiliki ciri-ciri yaitu kalimat pertama ke dalam lima ketukan spasi pada karangan biasa atau berbentuk lurus yang tidak bertakuk ditandai dengan jarak spasi merenggang serta menggunakan kalimat utama, kalimat topik, dan kalimat penjelas. Paragraf memiliki fungsi strategis, yaitu menjembatani gagasan penulis dan pembacanya.
Paragraf yang baik harus memenuhi beberapa syarat yaitu kesatuan, kepaduan, ketuntasan, keruntutan, dan konsistensi sudut pandang. Selain harus memenuhi syarat, paragraf harus ditulis secara logis dan memenuhi standar nalar. Oleh karena itu, hubungan antarparagraf harus menghasilkan kepaduan karangan yaitu paragraf pembuka, peralihan, pengembang, dan penutup harus terkait dengan topik karangan.

3.2    Saran

Sebaiknya dalam penyusunan paragraf harus menggunakan aturan-aturan yang sudah ditetapkan yaitu menggunakan EYD, kalimat efektif, dan tanda baca yang benar pada paragraf. Penulis karya tulis ilmiah juga harus dapat menulis paragraf yang memenuhi standar nalar dan beberapa syarat yaitu kesatuan, kepaduan, ketuntasan, keruntutan, dan konsistensi sudut pandang agar maksud penulis dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

3.3    Daftar Pustaka

Tim Penulis Bahasa Indonesia UNEJ. (2007). Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar